Pengen Hijrah Tapi Ragu? Coba deh ini …

Siapapun wanita di dunia ini, seburuk apapun masa lalunya, sesungguhnya mereka selalu punya kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik dan juga memiliki kesempatan untuk menjadi muslimah shalihah dengan cara “Hijrah” atau berubah menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, salah satu nya adalah dengan menutup aurat dan mengenakan pakaian syar’I.
Namun untuk selalu menjadi lebih baik dari hari ke hari selalu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Muslimah. setidaknya ada 2 hal penting yang harus kita ketahui dalah proses “Hijrah”.

Yang pertama adalah proses yang bisa kita kontrol dalam diri kita yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan ikhtiar kita. Proses kedua adalah proses tidak bisa kita kontrol dan datangnya langsung dari Allah, proses ini rahasia, ghaib dan hanya Allah saja yang Mengetahui dan mempunyai kewenangan pada proses tersebut, atau biasa kita sebut dengan “Hidayah”. Nah buat kamu yang sedang menjalani proses hijrah boleh dicoba tips berikut ini :

  1. Bersihkan Hati
    Terkadang hati kita susah tersentuh oleh hidayah Allah, susah tersentuh oleh nilai – nilai kebenaran adalah karna jiwa dan hati kita masih kotor.Kita selalu mencari pembenaran terhadap apa-apa yang menurut kita benar tapi dalam pandangan Islam adalah salah. Contoh yang sederhana adalah ketika kita enggan menggunakan hijab dengan alasan “Ah nanti susah cari kerja, nanti terus gimana gue makan?” atau “Lebih baik mana memakai hijab tapi kelakuan buruk, atau gak memakainya tapi baik?”. Padahal antara lapangan pekerjaan dan menggunakan hijab tidak ada hubungannya sama sekali. Jika binatang yang melata saja rizkinya di jamin oleh Allah SWT, lalu bagaimana bisa manusia yang diberkahi akal untuk berfikir takut kehilangan rizki?

2. Niatkan Dengan Ikhlas
“Innama a’malu binniyyah” bahwa segala perkara ini tergantung dengan niat. Dan pastikan Niat kita berhijrah adalah karena-Nya, karena Allah SWT. Mungkin saat nanti kita memulai berhijrah akan ada cemoohan, ledekan, atau bullying terhadap kita. Tapi, terkadang untuk sesuatu hal yang baik kita perlu untuk menjadi pendengar yang buruk.

3. Jangan Menunda Hijrah
Kebanyakan wanita yang gagal berhijrah adalah mereka yang suka menunda. “Ah nanti aja deh”. Kebiasaan kita adalah demikian karena rasa malas, perlu diketahui bahwa perkataan “sawfa.. sawfaa..”,”nanti aja deh… nanti aja” adalah bagian dari tentara – tentara iblis. Ingatlah nasehat Imam syafi’I “Aku pernah bersama orang – orang sufi. Aku tidaklah mendapat pelajaran darinya dari dua hal, dia mengatakan bahwa waktu bagaikan pedang. Jika kamu tidak memotong nya, maka ia yang akan memotongmu”

4. Berkumpul dengan orang Muslim
Rasulullah bersabda “Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka, hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa temannya” (HR.Ahmad dan Tirmidzi).

Jika kita memiliki sahabat – sahabat yang selalu membantu kita dalam ketaatan kepada Allah, pegang erat – erat dia, jangan pernah kau lepaskan. Karena, mencari sahabat yang baik itu susah, tetapi melepaskannya itu sangat mudah. Dimana kita bisa mencari sahabat yang baik ? Jangan cari mereka di keramaian tempat hiburan tanpa memerhatikan busananya yang minim itu. Mereka bisa dicari di tempat – tempat yang Allah selalu memberikan berkah seperti Masjid, halaqoh, majlis ilmu, bilik – bilik rumah tempat mereka bersujud. Memilih teman yang baik selagi muda adalah jalan menuju surga.

5. Bersabar dan Nikmati Prosesnya
Kesabaran adalah sahabat terbaik baggi penuntut ilmu. Sebab, ilmu, takkan didapatkan tanpa kesabaran melalui proses yang panjang. Begitu juga dalam proses berhijrah, menikmati proses merupakan salah satu kunci untuk istiqomahkan hijrahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *